CONGRATULATIONS

Cerita Mikael Lomba Menyanyi KILA

Halo, perkenalkan saya Mikael Thaddeus Setiadarma, siswa TK B ABLC (2021-2022). Saya mau bercerita bagaimana saya mengikuti lomba menyanyi lagu anak kategori PAUD KILA pada bulan Agustus 2021, hingga akhirnya meraih juara 1. KILA (Kita Cinta Lagu Anak) sendiri merupakan suatu ajang kompetisi menyanyi lagu anak dan mencipta lagu anak nasional, yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek RI bermitra dengan KITA Indonesia.

Pertama kali mendapat informasi tentang ajang KILA ini dari Ms. Ester, selaku kepala sekolah dari ABLC. Mikael langsung mau ikut. Ini adalah pertama kalinya Mikael mengikuti lomba menyanyi. Untuk lomba lain, Mikael juga suka ikut, seperti lomba menggambar, mewarnai, mendongeng, dan foto model. Tapi untuk menyanyi, Mikael belum pernah, dan lomba KILA ini adalah lomba menyanyi pertama Mikael.

Ada dua lagu yang dinyanyikan, lagu anak dari hasil cipta lagu sebelumnya, dan lagu daerah. Mama memutarkan semua lagu yang masuk dalam daftar pilihan lagu untuk peserta. Untuk lagu anak, Mikael memilih lagu Doa Untukmu (Ayah& Ibu), ciptaan Henny Kusumawati. Mikael memilih lagu ini karena Mikael sayang Mama dan Papa. Untuk lagu daerah, Mikael memilih lagu Soleram.

Karena dalam kondisi pandemi COVID-19, lomba menyanyi ini diadakan secara online, jadi Mikael menyanyi dan direkam dari rumah, kemudian video hasil rekamannya dikirimkan ke pihak KILA. Dalam proses lomba menyanyi ini (latihan menyanyi, dan persiapan lainnya), Mama, Papa, keluarga besar dan Sekolah ABLC selalu memberikan doa, dukungan dan semangat untuk Mikael. ABLC juga membantu mencarikan minus one untuk lagu daerahnya, bahkan berupaya untuk mencarikan baju daerah. Mikael jadi sangat terbantu dan semangat untuk latihan menyanyi tiap harinya dan berusaha untuk melakukan yang terbaik.

Tidak disangka, Mikael bisa lolos seleksi dan masuk dalam 20 besar. Untuk kemudian melakukan audisi secara virtual, dimana Mikael harus bernyanyi secara langsung melalui zoom untuk dinilai tim dewan juri. Perasaan gugup pasti ada, Mikael tetap berusaha melakukan yang terbaik.

Sampai saatnya pengumuman pemenang lomba menyanyi KILA. Terima kasih kepada Tuhan, ternyata Mikael mendapatkan juara 1, hal ini taklepas dari dukungan orang tua, keluarga  dan sekolah, yang selalu mendukung, mendoakan, dan membimbing dalam pengembangan bakat Mikael. Mikael sangat senang, dan berjanji mau mengembangkan semua bakat yang Mikael punya.

Buat teman-teman semua, dari pengalaman ini Mikael mau bilang, jangan pernah sia-siakan talenta yang Tuhan sudah berikan, mungkin bukan menyanyi tapi di bidang lain, tetap latihan, dan jangan patah semangat. Karena talenta memang harus dikembangkan dengan belajar dan latihan terus. Dengan kita mau bertanggung jawab dan mengembangkan talenta kita, orang lain akan melihat kebaikan itu, dan nama Tuhanpun dipermuliakan.

Love from Mikael Thaddeus Setiadarma (IG: mikael.thaddeus)

Ditulis oleh: Siska (Mama Mikael)

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email